Buku serial Gajah Mada karya Langit

Buku yang dahsyat luar biasa. Penulisan yang melompat menukik bermanuver banyak tanpa kehilangan alur cerita utama. Langit Kresna Hariadi secara gemilang memulai dan menuntaskan maha karya yang saya yakini akan menjadi buku referensi utama tentang Gajah Mada.

5 seri buku yaitu :

1. Gajah Mada

2. Gajah Mada : Tahta dan angkara

3. Gajah Mada : Sumpah di Manguntur

4. Gajah Mada : Perang Bubat

5. Gajah Mada : Hamukti Moksa

gajahmada

Gajah Mada berarti Majapahit berarti Sumpah Palapa berarti kesatuan Nusantara.

Sayangnya saya terlalu mengharap, ternyata memang Gajah Mada tidak memiliki sejarah. Siapa ayah-ibu nya, siapa anak penerusnya, bagaimana masa kecil nya hingga berhasil menjadi pimpinan pasukan khusus majapahit dan bahkan menjadi mahapatih dan bahkan menyatukan nusantara. Apakah begitu sederhana seorang pemimpin muncul lalu tiba-tiba naik pentas dan membuat terdiam hiruk pikuk sejarah karena apa yang dia torehkan begitu dahsyat, begitu mencengangkan?

Atau memang sengaja dibuat kabur sejarah itu?

“Sumpah Palapa”

Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”.

Terjemahannya,

Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, “Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa”.

gajahmada2

Gajah Mada sebagai bukti betapa miskin bangsa ini dalam mengenal orang-orang besarnya. Tapi angkat 2 jempol untuk Langit kresna hariadi yang mampu mengangkat Gajah Mada dalam tulisan yang sungguh menarik.

Salam,

rifan

Iklan

SIlahkan Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s