Pendapat Gus Mus

Sebelumnya mohon maaf sebesar-besarnya pada komunitas Mata Air karena saya mensitir beberapa komentar Gus Mus yang bagi saya luar biasa.

Bagi anda para pembaca budiman, sangat disarankan anda mengunjungi pondok Gus Mus (KH. Mustafa Bisri) di http://gusmus.net

Yang paling menarik bagi saya adalah bagaimana beliau menjawab pelbagai pertanyaan. Satu contoh ada yang menanyakan tentang rokok, bagaimana agar bisa berhenti merokok seperti Gus Mus telah berhenti. Ternyata resepnya sederhana : Jangan berhenti karena alasan, karena nanti akan mulai lagi dengan alasan. Misalnya berhenti krn sakit,nanti jika sembuh akan merokok lagi. Maka berhentilah merokok tanpa alasan.. nah, luar biasa khan?

Ada lagi yang heran mengapa surga tidak bisa bagi Yohannes Paulus yang hebat itu tapi mungkin bisa dimasuki bromocorah yang cuma punya secuil iman. jawabnya simpel : Lha surga punya Tuhan. Suka-suka mau dibolehkan siapa yang masuk. Emang kita siapa kok ikutan ngatur?

Tentu redaksinya tidak pas seperti diatas. Tapi jelas Gus Mus bagi saya adalah tokoh negara ini yang berdiri sejajar dengan Gus Dur. Pola fikir yang tidak menyederhanakan namun juga tidak membuat kompleks.

Satu contoh lagi, ada penanya menanyakan hukum khotib di mimbar jumat yang isi khotbahnya menjelekkan orang dan bahkan menyebut nama.

Apa jawab beliau? Yang bodoh adalah orang yang menyuruh untuk berkhutbah…

Nah, masih banyak lagi. mulai dari rumus cinta, jin, mimpi, macem-macem dan nyaris semuanya dijawab dengan jawaban ala Gus Mus yang luar biasa..

Wassalam,

Penulis

Iklan

SIlahkan Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s