Chrisye, Legenda musik Indonesia

Pagi tadi (30 Maret 2007) sang Chrisye wafat.

Sungguh suatu kehilangan besar.

Warna suaranya tidak terwakili. Menurut sebagian orang ia adalah Peter Cetera-nya
Indonesia. Tapi buat aku, warna suaranya beda.

Nyanyian chrisye adalah nyanyian kalbu. “rasa”-nya pasti beda jauh jika lagu yang sama dinyanyikan oleh seorang chrisye.
Ada juga yang bilang warna suara si once (vokalis dewa itu) rada mirip chrisye. Tapi memang tidak ada yang sama. Bahkan orang kembarpun ada perbedaan khan?

Aku suka Chrisye. Dari dulu sampai sekarang. Lagu terindah dia adalah “galih ratna”. Saking sukanya maka film-nya ikut-ikut suka (satu-satunya film rano karno & yessi gusman yg kusuka).
Ada lagu-lagu tertentu yang bagi seseorang “tidak tergantikan”. Tapi bukan lantas itu lagu terbaik. Maksutku lagu itu punya kesan tersendiri (meski tidak harus ada kenangan yang menyertainya). Bingung ya?

Aku suka “galih ratna” bukan karena punya nostalgia (misalnya pas jalan-jalan sama pacar trus sama-sama dengerin lagu itu) atau juga bukan karena itu lagu yang aransemennya hebat atau liriknya menggugah hati atau apapun juga. Aku suka “galih ratna”. Suka aja, dan tanpa perlu alasan apapun.

Kalo lagu “si budi kecil”-nya iwan fals, aku suka karena liriknya masuk ke hati (abis dengerin itu jadi sayang anak & pingin berderma). Atau lagunya titik puspa yg cerita tentang psk (aku lupa judulnya), itu bagus liriknya. Atau lagu “november rain” yg olah musiknya bagus banget. Atau lagu “bohemian rapsody”-nya queen yang secara komposisi suara (orang), musik maupun lirik bagus total.

Lha kok aku nglantur kemana-mana? Maksutku hanya untuk menjelaskan kenapa aku suka lagu chrisye tanpa alasan apa-apa. Well, mungkin ini satu-satunya lagu yg kusuka tanpa alasan. Pokoknya bagus, sangat bagus.

Selamat jalan sang Legenda 

Salam,

Penulis

Iklan

One comment on “Chrisye, Legenda musik Indonesia

  1. saya juga salah satu penggemar lagu chrisye yang merupakan salah satu legenda musik indonesia yang tidak pernah akan hilang dimakan waktu.

SIlahkan Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s