Musik Indonesia

Seingat saya semua dimulai ketika Sheila on 7 mulai naik daun. Sejak itu bermunculan segala nama band (dengan jenis mirip). Dewa, Radja, Ratu, patih, punggawa, ksatria, ungu, cokelat, merah delima, biru muda, djingga, ada band, tiada band, element, Gigi, jenggot, entah apa lagi.

Tentu tidak wajar untuk menjeneralisir (nulisnya bener ngga’ ya?) semua group tadi.
Ada yang kuat pada lirik, kuat pada aransemen musik, atau bahkan pada kesederhanaannya. Coba lihat satu-satu :

 

ADA band : ini band bagus. Kekuatannya terlihat pada pianis-nya. Tapi band ini cukup jeli dengan penempatan vokalis dengan suara yang “khas” (kalo masalah wajah kayaknya udah mutlak deh. Jaman sekarang kalo mau laku ya ngga’ bisa pasang vokalis bertampang “seadanya”, kecuali (kayaknya) kalo musik & lirik-nya emang oke banget)

 

Sekarang liat Radja : personnelnya si ian bertampang “alhamdulillah”. Tapi musiknya itu men, creatif abis. Pantes kalo dominasi penggemar justru adalah anak-anak. Lirik ringkas, gampang diinget, dimainkan dan… sangat bagus.

 

Kalo ratu, ini mah komposisinya 80% tampang, sisanya musik.
Ada sih kelebihannya bhw seorang personnel jago piano. Bayangin kalo yang satu lagi jago maen biola atau harpa (hehe..)

Kalo ungu laen lagi. Ini band para gadis, alias “boys band” abis. Liriknya biasa aja. Musiknya juga ngga’ jauh dengan sheila. Silahkan bandingin dengan gigi yang pemusiknya yahud disemua lini.

 

Peterpan ngga’ dibahas. Mending loe tanya ama wendi krn gue ngga’ doyan ama musik-nya. Hehehe

 

Ada sebenarnya band yang bisa dikategorikan “serius” : Slank, Seriuous, Gigi, Dewa, itu sebagian band serius yang totally semua mulai dari pemain, lirik, penyanyi sampe ke arrangement (pokoknya semua sisi) yahud.

 

By the way, band indonesia memang hebat. Sepantesnya menang dilomba internasional. Emang sih, secara personnel masih ngga’ bisa disejajarin sama phill collin atau whitney houston. Tapi kalo Cuma bersaing sama westlife, gue tetep pilih band indonesia lahhh…

 

Salam,

Penulis

 

Iklan

SIlahkan Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s