It’s all about the …

  

Dalam dunia kerja, maka pepatah yang dikedepankan adalah “it’s all about the way”. Sales menjual hanyalah masalah cara. Dari dulu semua adalah jual beli, dari dulu semua adalah bisnis. Yang membedakan hanyalah cara.

Tapi menurut hemat penulis, ini sudah tidak bisa lagi dipertahankan. Ini tidak boleh dipertahankan. Yang betul bukan “it’s all about the way” tapi “it’s all about the heart”

Bekerja dimasa kini, seolah tidak lagi mempedulikan hati. Siang malam bekerja. Suami istri bekerja (malah ada juga anak yang bekerja).
Ada yang bekerja “keras” (menodong, copet, rampok, dll) ada juga yang bekerja “kantoran” (meski mungkin juga termasuk bagian pencuri atau koruptor kecil-kecilan), atau “wirausaha”. Semua bekerja tanpa bicara hati.

Pantaskah seorang istri sedemikian hebat bekerja sehingga sang anak mulai buaian hingga detik-detik pernikahan nyaris semuanya dibimbing oleh yang namanya pembantu atau baby sitter…!!

Maka jenis hatipun berubah. Perhatikan sinetron si- Doel yang pernah laris di televisi, atau film “Kabayan” dimana ada adegan si lelaki (entah ayah atau suami) bekerja disawah dan si wanita (entah istri atau anak) mengantarkan rantang bekal nasi.

Sepenggal adegan itu menunjukkan jelas bagaimana hati berperan dalam suatu kerja. Bandingkan dengan orang kantoran jaman sekarang yang jam 12 teng sudah disapkan rantangan catering atau kalau toh makan diluar maka effort yang dilakukan hanyalah sekedar “nyupir” dan “ngantri”.

Sekarang perhatikan bagaimana seseorang (atau groups, atau perusahaan) bekerja. Adakah hati mereka hadir bekerja juga ataukah sebenarnya mereka hanya budak-budak dari sesuatu ?

Salam,

Penulis

Iklan

2 comments on “It’s all about the …

  1. Definitely agree! it’s all about “the heart”. Bekerja ibadah menurut saya pribadi adalah bekerja dengan hati (baca: niat) dan inilah cermin professionalisme. Berangkat dari hati dan niat untuk memberikan yg terbaik, mengharapkan ridho-NYA sehingga selalu ingat tujuan bekerja itu sendiri agar tidak terjebak dalam mengejar dunia dgn segala isinya.

    Terima kasih, tulisannya telah mengingatkan saya.

    Wassalamualaikum wr.wb

SIlahkan Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s