Al-Fatihah yang Luar Biasa

Surah Al-Fatihah itu dinobatkan sebagai Ummul Kitab atau induk kitab.

Ia merupakan surah pertama dalam susunan Al-Qur’an. Setiap rakaat dalam shalat surah ini wajib dibaca, tidak peduli berapapun jumlah rakaat-nya. Ia merupakan surah – yang sangat boleh jadi – paling sering dibaca. Ada juga yang berpendapat surah ini sebagai intisari atau resume atau rangkuman seluruh isi Al- Quran.
Pertanyaannya adalah : Apanya yang luar biasa? Apa yang membuat Al-Fatihah ini begitu luar biasa?
Jujur tadinya saya juga hanya mengetahui sebatas paragraf pertama tulisan diatas. Tapi makin direnungi ternyata makin terasa keluar biasaan-nya. Ini diantara yang berhasil saya dapatkan :

Isi Surah dan terjemahan bebas

Pertama, mari kita lihat surah Al-Fatihah. Jangan-jangan ada juga yang belum tahu bahwa kalimat “Bismillaahi rrahmaanir rahiim” adalah merupakan ayat ke-1 surah ini. Juga bahwa kalimat “amiin” yang kita seru rame-rame saat shalat jamaah, itu bukanlah bagian dari surah Al-Fatihah

1. Bismillahirrahmaanirrahiim
2. Alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin
3. Ar Rahmaani rrahiim
4. Maaliki yaumid diin
5. Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin
6. Ihdinas shiraatal mustaqiim
7. Siraathal ladzii na’an ‘amta ‘alaihim, ghairil maghduu bi’alaihim, walad dhaalliin

Artinya (ini sekedar terjemahan bebas saya) :
1. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Rahman (Pengasih) dan Maha Rahiim (Penyayang)
2. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta
3. Yang Maha Rahman (Pengasih) dan Maha Rahiim (Penyayang)
4. Raja/Penguasa di hari “ad-diin’ (pembalasan/kiamat)
5. Hanya padamu kami menyembah, dan hanya padamu kami memohon pertolongan
6. Tunjukkan kami “Shiraatal Mustaqiim” (Jalan Lurus)
7. Jalan yang penuh nikmat kepada mereka, bukan yang Engkau murkai pada mereka, bukan juga yang sesat

Itulah dia surah Al-Fatihah. Apanya yang luar biasa? Banyak !

sungguh beruntung saya ketika dipermudah mendapatkan pengetahuan atas hal ini.

Susunan surah
Coba lihat susunan surah ini. Allah mengajarkan kita bagaimana cara “berdoa” (baca : memohon) dengan benar.
Dari total 7 ayat, 5 ayat pertama seluruhnya berisi pujian kepada Allah (5/7 x 100 = 70%). Seolah Allah mengajarkan/memberitahukan, bila seseorang ingin memohon, seyogyanya 70% itu diawali dengan memuji. Itulah patron-nya. Pantaslah jika selesai shalat mestinya tidak langsung angkat tangan dan berdoa. Setidaknya baca dulu puji-pujian, baca 33x Subhanallah, 33x Alhamdulillah, 33x Allahu Akbar. Baru setelah merasa cukup (70% minimal), silahkan mengangkat tangan dan memohon.

Adapun tahapan secara rinci juga diperlihatkan jelas didalam surah ini.
Pertama sekali adalah : fokus (niat, kejelasan). Dalam hal ini direpresentasikan dalam kalimat basmalah
Kedua : Memuji, bersyukur (alhamdulillah)
Ketiga : Tegaskan pujian anda (ini akan dibahas mengapa ayat ke-3 ini sama dengan ayat ke-1)
Keempat : Akui kelebihan-Nya, kehebatan-Nya
Kelima : Akui kelemahan diri, tunjukkan tingginya tingkat kebutuhan hingga perlu memohon (reasoning)

Barulah kemudian memohon pada-Nya

Ayat ke-1 dan ke-3 Surah Al-Fatihah
Pertama bahwa kalimat basmallah yaitu “Bismillaahi rrahmaani rrahiim” itu adalah termasuk ayat ke-1 dalam surah Al-Fatihah. Sementara ayat keduanya adalah “Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin”. Baru dilanjutkan ayat ke-3 : “Arrahmaani rrahiim”.
Pada surah-surah yang lain, kalimat “bismillahirrahmaani rrahiim” adalah merupakan kalimat pembuka (bukan bagian dari surah).
Sekarang perhatikan artinya. “Bismillaahi rrahmaani rrahiim”. Arti sederhana-nya “Dengan menyebut Nama Allah yang Maha pengasih dan Maha Penyayang. Atau saya kadang memberi terjemahan bebas : Dengan menyebut Nama Allah yang begitu welas asih.
Intinya adalah bahwa Allah itu pemurah. Berbelas kasih, begitu baik, penyayang, welas asih.
Sekarang perhatikan ayat ke-3 (ayat kedua tidak dibahas disini) : Arrahmaani rrahiim. Artinya sama persis : Maha Pengasih dan Maha penyayang. Welas asih.
Kenapa diulang? Pasti bukan untuk memperbanyak jumlah ayat. Pasti bukan karena tidak ada bahasan lain. Pasti ada sesuatu (yang menarik dan luar biasa).
Mari kita berpaling sejenak ke cerita penciptaan manusia. Ketika itu Allah berfirman pada malaikat bahwa akan diciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi. Dan kemudian, ketika tercipta Adam AS, Allah berfirman agar semua bersujud (bukan dalam konteks menyembah) kepada Adam. Kecuali Iblis. Kenapa ? Karena ia merasa lebih baik dari adam (iblis dari api, adam dari tanah).

Merasa lebih dari yang lain disebut sombong atau angkuh. Itulah dosa pertama di jagad raya dan murka Allah yang pertama diketahui.
Perhatikan bahwa dosa terbesar adalah menyekutukan Allah. Iblis tidak menyekutukan Allah. Iblis “sekedar” sombong. Ia hanya merasa lebih baik karena diciptakan dari api dibandingkan Adam AS yang diciptakan dari tanah. Sama halnya kita merasa lebih baik karena memiliki jabatan daripada yang jabatannya dibawah kita. Sombong yang sama ketika kita merasa lebih baik karena lebih pintar, lebih cantik, lebih ganteng, lebih kaya, dll sementara yang lain kurang pintar, kurang ganteng, dll.
Saat Iblis menolak perintah Allah, maka Allah langsung mengharamkan surga baginya dan melaknat masuk ke neraka. Itulah murka Allah.
Tidak berpuasa tanpa alasan padahal sudah jelas diperintah, maka secara logika sederhana itu sudah cukup bagi Allah untuk mengharamkan surga dan melaknat dengan neraka. Sedekah, shalat dan semua perintah lain akan seperti itu juga konsekuensinya.
Tapi satu hal harus digaris bawahi, bahwa kasih sayang Allah melampaui murka-Nya. Itulah maka perlu diyakini bahwa Allah itu Ar Rahmaan Ar Rahiim.
Allah begitu Maha kasih, sehingga boleh kita berharap kasih dan mesranya. Begitu Maha Penyayang sehingga boleh kita berharap disayang oleh-Nya.
Maka hemat saya, perhatikan betul ketika kita membaca ayat ke-1 dan ke-3 surah Al-Fatihah. Pemahaman dihati saat membaca ayat ke-1 akan dimantapkan oleh pemahaman atas ayat ke-3.

Maaliki yaumiddiin
Ayat ke-4 adalah : Maaliki yaumid diin yang berarti Penguasa hari pembalasan.
Sekarang perhatikan kata yaum ad-diin (hari – agama). Mengapa harus memakai ad-diin (agama)? Mengapa bukan yaumul hisab, atau yaumul qiyamah ? Ini yang jelas telah disesuaikan dengan konteks kalimatnya. Yang menjadi inti adalah bahwa yaum ad-diin lebih menegaskan bahwa hari kiamat merupakan hari dimana esensi agama menjadi begitu jelas sehingga tidak ada pertanyaan dan keraguan atas agama.
Jadi pastikan, ketika membaca ayat ini, kita tidak hanya berurusan dengan hari kiamat saja, tapi “Yaum Ad-Diin” yang bersifat menyeluruh atas ‘kemarin’, ‘sedang’, dan ‘akan’. Dan DIA adalah pemiliknya, penguasanya…

Shirath Al-Mustaqiim
Shirath Al-Mustaqim senantiasa diartikan sebagai : Jalan yang lurus. Tafsir Al-Misbah menyatakan bahwa jalan yang dimaksud adalah bagaikan jalan tol.
Perlu diperhatikan bahwa Al-Fatihah adalah ummul kitab atau induk kitab atau ummul quran. Artinya adalah semua ayat Al-Fatihah merupakan intisari / ringkasan / resume Al-Quran secara keseluruhan. Maka, dalam kaitan dengan ini, Sirath Al-Mustaqim tidak lain dan tidak bukan ternyata adalah merupakan target point.
Bila hidup, bayi, remaja, tua, mati kesemuanya merupakan checkpoint, maka shirath al-Mustaqim itulah target point. Destination (final point) adalah Surga dan keridhaan Allah.
Sebagai target utama kehidupan, shirath mustaqim (jalan lurus) ini layak diperjuangkan. Apapun cara untuk bisa melewatinya dengan sempurna. Tapi seperti apa ciri dan kriteria shirath al-mustaqim ini ? Dijawab oleh ayat-ayat terakhir dengan sempurna yaitu :
1. Jalan yang penuh nikmat didalamnya
2. Jalan yang tidak dimurkai Allah SWT
3. Jalan yang tidak sesat

Seluruh kriteria terpenuhi, maka itulah sirath al-mustaqim.
Kata “Jalan” disini menurut hemat saya dapat berarti cara Dalam bahasa inggris disebut “way” (bukan “road”). “The way of life” atau “where’s the will there’s the way” (dimana ada kemauan, disitu ada jalan) dalah pendekatan atas kata “jalan” yang bisa difahami sebagai cara.
Maka ini maksudnya dengan cara apa kita menempuh kehidupan ini, jalan mana yang kita gunakan dalam mengarungi hidup ini. It’s all about the way, it’s all about the heart.
Apa tujuan manusia hidup di dunia? Menjadi kaya? Menjadi sukses? Menjadi bahagia? Semua jawaban berujung di satu pintu yang bernama sirath al-mustaqim. Semua manusia menginginkan hidup yang penuh kenikmatan. Semua manusia tidak mau dimurkai Allah dan tentu tidak ingin tersesat. Maka bagi mereka yang sudah menikmati hidup (karena kaya, berpangkat, dll) perlu sadar bahwa 2 kriteria belum tercapai. Dan itu berbahaya.
Bila jalan itu nikmat, maka itulah shirat al-mustaqim. Minuman keras juga nikmat, tapi itu dimurkai Allah, maka bukan shirath al-mustaqim. Bisa juga sudah nikmat dan juga sudah tidak dimurkai Allah, tapi ternyata sesat. Maka itu jelas juga bukan sirath al-mustaqim.

Salam,
Penulis

About these ads

75 comments on “Al-Fatihah yang Luar Biasa

  1. ass.
    salam kenal, ini tambahan inspirasi Al Fatihah u Total Manajemen.
    yg kami bukukan dgn judul ” total Manajemen” berbasis Al Fatihah.

    Tujuan melalui ihktiar buku ini adalah semoga semakin banyak orang yang membaca & mengambil pelajaran dari ayat-ayat Al Qur’an. Agar Al Qur’an semakin dekat dihati untuk dikaji, dicintai & menjadi Inspirasi. Agar kita menjadi generasi robbani, pembelajar & profesional dalam amal sholeh serta berkualitas dalam setiap aktifitas. Jadikan Al Qur’an panduan & sumber segala ilmu, diawali dari surat Al Fatihah yang menjadi pintu pembuka sukses hakiki.

    Mengambil hikmah dari Inspiring & Exploring QS. yang akhirnya terusmuskan Frame work atau kerangka fikir dalam memperoleh sukses berkelanjutan, menjadi basis dari Total Manajemen.

    Membaca ”iqro” ayat qauliyah dan kauniyah mendapatkan kesadaran wacana sukses (nikmat) yang Allah berikan kepada manusia, kesadaran yang membuat kita semakin bersyukur atas limpahan karunia nikmat. Hal ini akan membuat kita berubah untuk semakin bersyukur yakin dan semakin tunduk sujud dan mendekat kepada Allah SWT. Inilah kesadaran Tauhid. Dalam bahasa manajemen hal tersebut kita sebut sebagi proses menjadi pembelajar selanjutnya akan menghasilkan kesadaran dan perubahan.

    Membaca Al Qur’an, diawali dengan pembuka Al Fatihah. Dengan berbasis surat Al Fatihah mendapatkan inspirasi 7 pembuka sukses, menemukan rumus sukses. Kerangka fikir yang membuka jalan agar manusia mengikuti petunjuk sukses. Selanjutnya aplikasi dari pembuka sukses Al Fatihah dijabarkan dalam ayat-ayat Al Qur’an. Mari kita komitmen dengan menghujamkan langkah pembka sukses. Dimulai dari meraih Visi, Menyadari dan melejitkan potensi, Mengambil Peluang dan menciptakan peluang sukses. Lalu Senanriasa memotivasi diri kita, meneguhkan peran dan Misi Kita. Lalu membuat Strategi & Perencanaan diri meraih sukses. Akhirnya semua harus kita wujudkan dengan Bergerak. Mewujudkan sukses pribadi dan akhirnya berada di puncak karir dengan keteladanan menggerakkan & menyukseskan orang lain dalam rangka melestarikan dan memasalkan Sukses.

    Bergerak, Total Action melaksanakan Al Qur’an dan tuntunan Rasulullah SAW. Dimulai dari menentukan ukuran kebenaran hakiki (Al Qur’an) & menentukan ukuran orang suksesukuran Total action tersebut tergambar dalam Rukun Iman, Rukun Islam dan Ihsan. Untuk mewujudkan sebagai manusia yang Hanif, Sholeh dan Taqwa. Dalam bahasa manajemen menjadi orang profesional, yaitu bekerja dengan kekuatan keyakinan, kekuatan amal dan kekuatan kualitas. Sekali lagi kuncinya adalah tauhid.

    Akhirnya sukses yang diraih harus dipertahankan, diperlukan konsistensi dari setiap amal. Apabila kita telah melakukan kegiatan yang dilandasi oleh panduan yang meyakinkan, yang bersandar pada nilai2 yang diyakini. Ikhtiar optimal kemudian tawaqal kepada Allah SWT pemilik segala kekuasaan. Allah tempat menggantngkan harapan dan tempat berlindung dari segala penyebab kegagalan baik eksternal maupun dari internal diri kita sendiri dari godaan syetan dan nafsu.
    Kemudian sukses harus ditingkatkan, Insya Allah hari esok lebih baik dari hari ini dan hari ini lebih baik dari kemaren. Peningkatan sukses yang berkelanjutan dangan bersyukur. Berusaha untuk lebih baik, adalah upaya agar sukses selalu berlipat, lestari dan masal. agar Sukses berkelanjutan.

    Secara diagram dapat digambarkan sebagai Total Manajemen Untuk sukses berkelanjutan.:

    Gerak sukses yang berkelanjutan mengingatkan kita pada gerak thawaf, mengelilimgi kabah 7 kali. fatihah 7 ayat yang dibaca berulang sebagai pusat (intisari Kitab). Al Fatihah menjadi komitmen dan perilaku sukses.

    Inspiring & Exploring Al Fatihah (ummul kitab) yang dibaca berulang minimal 17 x dalam sehari, menjadi komitmen sukses & dijabarkan dalam seluruh Surat Alqur’an. :

    Terjemah ayat Inspirasi Total Action
    Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang Allah Menjadi Tujuan.
    (VISI) Tetapkan dan hujamkan Visi

    Segala puji bagi Allah, Rab semesta alam Allah Maha Pencipta, Memberikan (POTENSI) Gali dan lipatgandakan Potensi
    Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Allah memberikan
    Kemurahan dan kasih sayang (PELUANG) Ambil dan kembangkan Peluang

    Yang menguasai di Hari Pembalasan Allah Maha Adil, menyediakan balasan, Syurga & Neraka
    (MOTIVASI) Cari dan Tingkatkan Motivasi
    Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan Seorang Hamba harus mengabdi, menyembah, bedoa dan berbuat baik
    (MISI) Maknai Misi hidup
    Tunjukilah kami jalan yang lurus Mohon Diberikan Pedoman, petunjuk
    (STRATEGI) Buat Strategi yang Unggul

    yaitu Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat. Contoh teladan, menjadi panduan
    (GERAK) Praktekan Gerak amal terbaik (keteladanan & sukseskan orang lain)

    Rumus Sukses = f (Visi x Potensi x Peluang x Motivasi x Misi x Strategi x Gerak)
    & Amiin ( setelah ihktiar optimal kita bertawakal pada Allah)

    Sukses merupakan ikhtiar dan doa / Total Action yang dijalani :

    Kesuksesan Insya Allah akan
    Diraih oleh yang berVisi kuat
    Dimiliki oleh yang mendayagunakan Potensi dengan optimal
    Dimulai oleh orang yang mengambil Peluang Sukses
    Dimenangkan oleh yang terMotivasi Sukses
    Dihasilkan oleh yang mempunyai Misi sukses dalam peran hidupnya
    Diraih dengan perencanaan & Strategi Sukses yang tertata
    Dilalui dengan gerak Sukses amal soleh, dilestarikan & dilipatgandakan sukses dengan mengikuti teladan terhebat.
    Amin Semoga Allah merahmati.

    Uraian seanjutnya akan mengambil Inspirasi dan mengeksplorasi dari beberapa ayat pilihan dalam Qur’an. Betapa luasnya kandungan Al Quran, sehingga penyusun hanya mengambil Inspirasi beberapa ayat sesuai kemampuan. Insya Allah sudah dapat memberikan manfaat dan penjabaran dari Total Manajemen.

    Semoga dengan pedoman dan arahan dari Al Quran dan teladan Rasulullah SAW, kita optimal dalam mendayagunakan seluruh potensi & sumber daya (Total Menajemen) untuk meraih sukses hakiki yaitu kebaikan dunia, kebaikan di Akherat dan dijauhkan dari api neraka. Amiin.

    Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. beri ma’aflah Kami; ampunilah Kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, Maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”
    (QS. Al Baqaroh : 286)

    Buat Perubahan dan Tingkatkan diri. Mari semakin menghayati, memahami dan mengaplikasikan Al Fatihah dalam setiap niat & gerak langkah kita.
    Lakukan 7 kunci pembuka sukses, Mulai dari perubahan Diri, Keluarga, perusahaan, Lingkungan bahkan Negara.

    Baca lengkap buku ini, Mari kita BERGERAK…………….mulai dari diri sendiri, Tingkatkan Diri. Lebih SUKSESKAN DIRI.
    ……………….
    Selengkapnya buku ini berisi :

    I. Memetakan hidup (life mapping), cakrawala kesadaran sukses

    II. Rumus Kehidupan,
    Ihktiar mencapai sukses, dengan tahapan 7 pembuka sukses
    1. Visi
    2. Potensi
    3. Peluang
    4. Motivasi
    5. Misi
    6. Strategi
    7. Gerak

    III. Amiin, Tawaqal & berserah diri kepada Allah SWT. & mempertahankan sukses & meningkatkan sukses.
    IV. Total Action
    V. Lampiran :
    Kutipan singkat, Pengembangan Sukses menggunakan perspektif ”7 Pembuka Sukses” :
    a. Pengembangan Sukses Pribadi
    b. Pengembangan Sukses Keluarga
    c. Pengembangan Komunitas ”Rumah SyukuR”
    d. Lembaga Manejemen Terapan, PT. Trustco Cipta Madani
    e. Perusahaan, PT Pembangkitan Jawa Bali (PT. PJB)
    f. Indonesia Sukses
    g. Peradaban Dunia, Siroh Rasulullah Nabi Muhammad SAW.

    Rujukan
    ———————

    Q sukses Manajemen
    Jl,. Veteran 9 no.3 Gresik Jatim
    0313971374

  2. Ping-balik: School of Universe » Blog Archive » Sebuah Lelucon yang Dianggap Mempermainkan Agama

  3. assalamialaikum…….dalam penafsiran seorang mufasir sepatutnya bisa membedakan mana menafsirkan dan mana mengartikan. olehnya itu saran saya kalau bisa dalam penafsiran tafsirannya di mulai dari perhuruf atau perkata hingga dapat diketahui asal katanya dengan lebih sistimatis… wasssalam…..

  4. @heru ss
    Saya senang bisa turut menyumbang hal yang baik. Semoga sukses dg bukunya

    @hasan al bana
    Mohon maaf karena tulisan saya masih jauh dari kesempurnaan. Apalagi disebut sebagai mufasir. Hampir seluruhnya saya sebut sebagai “terjemah bebas PRIBADI” karena sifatnya yang sangat subyektif. Tiadalah maksud lain kecuali untuk bisa menumbuhkan dan mempertebal rasa keimanan dan ketuhanan bagi diri sendiri dan mudah-mudahan bagi para pengunjung yang budiman

  5. Ping-balik: Ketok Magic, How Can? - Page 7 - Gamexeon Forum

  6. Ping-balik: Assalamu’alaikum, CINTA « surauinyiak

  7. Ping-balik: hardi’s Blog » Blog Archive » Assalamu’alaikum, CINTA

  8. Dears,

    For me, it becomes such mysteri why Al-Fatihah always read on sholat. There must be many reasons behind it. Just don’t take it for granted …

  9. Kunci kehidupan , keikhlasan , ketauhidan , pedoman gerak Langkah kehidupan, Awal setiap tindakan….. Ada di Alfatihah
    Langkah utama: Membaca, merenungi, memahami, masukkan di jiwa raga, jalani segalanya dg sarana Alfatihah, Hasil akhir dari kehidupan dunia – kubur – akhirat melewati Al Fatihah. Ikhlaskan hidup dg pedoman Alfatihah karena Alfatihah yg membawa kita kepada Allah

  10. apa kah itu benar, janganlah kita menapsirkan alquran secara sembarangan dan hati2 lah dalam penafsirannya karena jika itu kita salah artikan maka kita akan menyebabkan runtuhnya iman dan berakibat pada runtuhnya agama……..

    • terima kasih mas arif manopo,
      niatnya, bismillah-nya adalah mengagungkan-Nya dengan cara yang baik. Maafkan bila cara-nya masih belum baik. Akan senantiasa kami perbaiki

      wassalaamu alaikum

      • maaf sebelumnya,
        post-nya ndak bisa langsung di refisi ya?
        ayat terakhir ” Siraathal ladzii [na’an] ‘amta ‘alaihim,…” yg dalam kurung bukankah seharusnya ” Siraathal ladzii [na an] ‘amta ‘alaihim,… ” karena bukan huruf ‘ain.
        dan mohon tanggapannya

  11. wah artikelnya keren… saya juga menulis tentang al fatihah… tp saya jadi tersindir dengan ucapan mas arif manopo karena saya menafsirkannya dengan logika dan tidak punya dasar apa apa. Artikel saya di akoor.multiply.com

    Tolong dikritik. tapi kalau multiply harus login dulu… kirim aja ke email saya….4diakoor@gmail.com saya sangat senang kalau diberi masukkan ilmu. Karena saya buta akan pengetahuan.

    Sebelumnya terima kasih

  12. surat al fatihah diulang-ulang bacaannya dalam shalat setiap rakaatnya itu menunjukkan betapa harus diperhatikan dan mendapat perhatian secara seksama dan bersungguh-sungguh. isi dan kandungan surat al fatihah seperti yang ditulis di atas semakin memperkuat keyakinan betapa hidup ini harus punya arah dan panduan. dan surat al fatihah rasanya cukup sudah untuk dijadikan arah dan panduanhidup, semoga, amin

    • damanhuri,
      adakah kita berfikir mengapa alfatihah berulang? mengapa bacaan ruku’ diulang 3 kali? saya masih mentafakuri-nya. Semoga kita diberi makna..

      wassalaamu alaikum

  13. Alhamdulillah !!
    Saat ini menjelang Ramadhan 1430 H saya baru lihat tulisan ini. Semoga Allah memberikan balasan yang setimpal atas segala kebaikan yang disampikan. Amien.

  14. meskipun saya orang awam tapi saya bisa memahami arti dari tafsiran yang dijelaskan oleh penulis semoga tafsiran tersebut bisa bermakna bagi semua umat muslim…. amin….

    • hammam nasrudin,
      komentar anda membuat jiwa ini menangis. Andalah yang terang-terang menyatakan memahami tulisanku. Sungguh ini jawaban bagi diriku sendiri. Mengapa ternyata manusia begitu rupa. Hati begitu keras bahkan untuk sekedar memberi empati. Maka aku tak heran bila IA sekaligus menutup hati seorang manusia. Itu mengapa bersyukur begitu sulit dilakukan manusia.

      terimakasih hammam..terima kasih

    • maaf urun rembug…

      Allah memberikan petunjuk/pemahaman kepada siapa saja, tidak pandang bulu, walau kepada orang biasa sekalipun.
      petunjuk/pemahaman adalah milik Allah, tidak milik rasul, kiyai, ustad ataupun saya. sedang kita sebenarnya hanya penikmat pemahaman itu.(tidak lebih)

      terima kasih buat mas rifan… semoga Allah selalu memberikan pemahaman kepada anda. Amin…

  15. Alhamdulillah,
    menambah hasanah pemahaman tentang al-Qur’an khususnya al Fatihah terima kasih semoga jadi amal sholeh Saudara. Amiin.

  16. Terimakasih artikelnya. Saya merasa mendapat pengetahuan baru dan semoga bisa bermanfaat untuk hidup saya dan keluarga. Terimakasih banyak. Assalamu’alaikum.

  17. alhamdulillah…. puji syukur hanyalah aku curahkan kepada Mu ya Allah swt yang telah menemukan makalah tentang khazanah untuk melengkapi judul skripsiku yang terbengkalai hampir 2 tahun, dan kini aku temukan dimedia lewat dunia maya….syukran katsiiir…syukran katsiir..

  18. alhamdulillah dapat pemahaman lain ttg kajian surat Al Fatihah, terima kasih kang rifan.
    mudah2an bacaan surat al Fatihahnya juga benar karena selama ini ternyata kita membaca surat al fatihahnya salah. coba dengarkan lagi bacaan surat al fatihah baik dari qari indonesia maupun yang dari mekkah. ada pembacaan kata yang salah sehingga artinya juga salah. contoh…ayat 2 ditulis Alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin…tapi seringkali kita membacanya disatukan AlhamdulillaaHIRRABBil ‘aalamiin. HIRRABB dalam bahasa arab artinya perang. seharusnya kita membaca alhamdulillaahi (ada jeda sebentar) Rabbil ‘aalamiin
    wassalam

  19. Ass.Wr.Wb.

    Melu nangkring cak Rifan heheh…, Trim atas ulasan dan wawasan tentang QS.Al Fatehah, semoga saya dapat mentafakkuri isi ulasan diatas dan dapat mengamalkan kandungannya sehingga menambah iman dan ketaqwaan saya. Amiin.

    Kalau merujuk pada buku yang berjudul “Samudra Al-Fatehah” karangan Bey Arifin, QS. Al-Fatehah adalah surat yang paling luar biasa agungnya yang tidak pernah ditemukan pada Kitab-kitab sebelumnya termasuk Taurat, Zabur dan Injil.

    Pokoknya cari dan baca bukunya pasti LUUAARR BIIAASSAA isinya.!!! hehehehe

    Wass. Wr. Wb. Allaahu Akbar.

  20. Assalamualaikum wr.wb

    Terima kasih telah memberikan ulasan pribadi untuk surat Al Fatihah, saya termasuk yang mendapatkan manfaat dari tulisan saudara, semoga Allah memberikan balasan yang lebih baik. Tetaplah menulis dan berbagi… selama niat hanya mengharap ridho Allah semata, insyaAllah akan dimudahkan dan dicerahkan.

    Wassalamualaikum wr.wb
    Abdullah

  21. Wa alaikum salam,

    @ Cak war, akan saya cari bukunya. Semoga ada di gramedia ya

    @ aji, terima kasih atas dorongannya. Ya tentu, aku akan menulis dan terus menulis. Semoga Tuhan meridhoi kita semua

  22. Ihdinas shiraatal mustaqiim:Tunjukkan kami “Shiraatal Mustaqiim” (Jalan Lurus)
    Seandainya jalan yg lurus saja kita minta di tunjukan terus kita ini punya apa?
    seandainya jalan lurus/kebenaran itu punya ALLAH dan yang kita punya cuma salah,maka kita wajib memohon ampun.
    Sebelumnya saya mohon ma’af jika ada yang keliru,kira2 bagai mana karena yang ada dalam pikiran saya saat ini seperti ini saya mohon penjelasannya.TRIMS

    • Kebenaran hakiki milik Allah SWT semata. Begitulah jalan kebenaran. Maka perlu kita memohon ditunjukkan ke jalan kebenaran itu selama meniti jalan kehidupan. Agar “keep on track”.

      wallahu ‘alam bis sawab

  23. Healthy Brief and Panty

    K-i Brief dan Panty Kesehatan Berkualitas

    Sudah seharusnya faktor sehat dan nyaman menjadi pertimbangan Anda saat memilih celana dalam, bahan yang mudah menyerap keringat dan dapat melekat pas sesuai bentuk tubuh tentu akan menunjang penampilan sekaligus menjaga kesehatan organ intim Anda

    K.i Brief Celana dalam khusus kaum pria
    K.i Panty celana dalam khusus kaum wanita

    dengan berbagai keunggulan yang dapat meningkatkan kesehatan dan menciptakan kenyamanan.
    juga dapat mencegah berbagai masalah keputihan yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan virus, sakit pada saat menstruasi, sakit pada pinggang, membantu mencegah ruam dan bau tidak sedap pada organ intim Anda.

    ADA 3 ELEMEN PENTING DIDALAMNYA YAITU:

    Ion Negatif
    Membantu mencegah pertumbuhan bakteri
    Menyeimbangkan sistem syaraf pusat
    Memperlancar peredaran darah
    Membantu meningkatkan kesehatan yang lebih baik
    Sinar Inframerah Jarak jauh
    Membantu peredaran darah dan limfe serta meningkatkan metabolisme tubuh
    Memberikan kenyamanan dan memberikan rasa lega pada daerah pinggang
    Membantu mencegah ruam
    Dapat mencegah bau badan
    Serat Anti Kuman
    Membantu mencegah pertumbuhan bakteria
    Mencegah bau badan

    Terbuat dari bahan yang bermutu tinggi, Elastis membentuk bagian tubuh Anda menjadi lebih baik, nyaman dipakai, segar, dan menambah kepercayaan diri.

    Cara mencuci k.i Brief dan K.i Panty:
    Bersihkan di dalam air yang bersuhu 3o derajat C kebawah
    Tidak boleh dicuci kering
    Perasalah dengan perlahan
    Tidak boleh menggunakan pemutih
    Tidak boleh disetrika
    Tersedia dalam 3 warna menarik:
    K-i Brief : Hitam, Abu-abu dan Biru
    K-i Panty: Hitam, Abu-abu dan krem

    Dengan pemakaian K-i Brief dan K.i Panty dalam keseharian Anda mampu memberikan kesehatan dan menjauhkan Anda dari timbulnya berbagai masalah terhadap organ intim Anda.
    serta mampu menciptakan kenyamanan, penampilan yang lebih baik dan secara fisik dapat membentuk bagian tertentu tubuh Anda menuju kesempurnaan,Indah dan Ideal sesuai yang Anda dambakan.

    Kemasan:
    1 box isi 3 celana
    All size
    info herbalmodern.blogspot.com
    sms hub 085229348635

  24. Healthy Brief and Panty

    K-i Brief dan Panty Kesehatan Berkualitas

    Sudah seharusnya faktor sehat dan nyaman menjadi pertimbangan Anda saat memilih celana dalam, bahan yang mudah menyerap keringat dan dapat melekat pas sesuai bentuk tubuh tentu akan menunjang penampilan sekaligus menjaga kesehatan organ intim Anda

    K.i Brief Celana dalam khusus kaum pria
    K.i Panty celana dalam khusus kaum wanita

    dengan berbagai keunggulan yang dapat meningkatkan kesehatan dan menciptakan kenyamanan.
    juga dapat mencegah berbagai masalah keputihan yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan virus, sakit pada saat menstruasi, sakit pada pinggang, membantu mencegah ruam dan bau tidak sedap pada organ intim Anda.

    ADA 3 ELEMEN PENTING DIDALAMNYA YAITU:

    Ion Negatif
    Membantu mencegah pertumbuhan bakteri
    Menyeimbangkan sistem syaraf pusat
    Memperlancar peredaran darah
    Membantu meningkatkan kesehatan yang lebih baik
    Sinar Inframerah Jarak jauh
    Membantu peredaran darah dan limfe serta meningkatkan metabolisme tubuh
    Memberikan kenyamanan dan memberikan rasa lega pada daerah pinggang
    Membantu mencegah ruam
    Dapat mencegah bau badan
    Serat Anti Kuman
    Membantu mencegah pertumbuhan bakteria
    Mencegah bau badan

    Terbuat dari bahan yang bermutu tinggi, Elastis membentuk bagian tubuh Anda menjadi lebih baik, nyaman dipakai, segar, dan menambah kepercayaan diri.

    Cara mencuci k.i Brief dan K.i Panty:
    Bersihkan di dalam air yang bersuhu 3o derajat C kebawah
    Tidak boleh dicuci kering
    Perasalah dengan perlahan
    Tidak boleh menggunakan pemutih
    Tidak boleh disetrika
    Tersedia dalam 3 warna menarik:
    K-i Brief : Hitam, Abu-abu dan Biru
    K-i Panty: Hitam, Abu-abu dan krem

    Dengan pemakaian K-i Brief dan K.i Panty dalam keseharian Anda mampu memberikan kesehatan dan menjauhkan Anda dari timbulnya berbagai masalah terhadap organ intim Anda.
    serta mampu menciptakan kenyamanan, penampilan yang lebih baik dan secara fisik dapat membentuk bagian tertentu tubuh Anda menuju kesempurnaan,Indah dan Ideal sesuai yang Anda dambakan.

    Kemasan:
    1 box isi 3 celana
    All size
    info herbalmodern.blogspot.com
    sms hub 085229348635 by rully

  25. saya dapat ini dari http://penyairsepi-uzhein.blogspot.com/2011/01/al-fatihah-adalah-seindah2nya-surah.html?showComment=1307172387741#c7526208252916161164

    semoga bermanfat :- 0

    Abu Hurairah mengatakan bahwa suatu saat Rasulullah saw. bersabda,

    “Allah telah berfirman ,’Aku telah membagi (kandungan makna) surah al-Fatihah untuk-Ku dan untuk hamba-Ku menjadi dua bagian,dan Aku akan mengabulkan apa yang hamba-Ku pinta.’

    Apabila dia membaca,’Segala puji bagi Allah,Tuhan semesta alam,’

    Allah akan membalasnya dengan berfirman,’Hamba-Ku telah memuji-Ku.’

    Apabila dia membaca,’Zat yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,’

    Allah berfirman,’Hamba-Ku telah memuji-Ku.’

    Apabila dia membaca,’Yang menguasai di Hari Pembalasan,’

    Allah berfirman,’Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku,’ lalu berfirman sekali lagi,’Hamba-Ku telah memeasrahkan urusannya kepada-Ku.’

    Apabila dia membaca,’Hanya Engkaulah yang kami sembah,dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan,’

    Allah berfirman,’Ini adalah urusanku antara Aku dan hamb-Ku, dan Aku akan mengabulkan apa yang hamba-Ku pinta.’

    Apabila dia membaca,’Tunjukilah kami jalan yang lurus,(yaitu) jalan orang-orang yang telah engkau beri nikmat (iman) kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat,’

    Allah berfirman,’Ini adalah untuk hamba-Ku ,dan dia akan mendapatkan apa yang dia pinta.’”

    (HR.Muslim,Abu Dawud,Tirmizi,Nasa’i,dan Ibnu Majah).

    maka bacalah alfatihah dengan sungguh-sungguh dan tidak tergesa-gesa, karena setiap ayat yang kita baca akan dijawab oleh Allah.

  26. Ping-balik: SURAU INYIAK » Blog Archive » Assalamu'alaikum, CINTA

  27. Memang karya ilmiyah itu patut di kembangkan tapi dalam mengartikan, menerjemah,( Al-quran ) bagaimnapun bentuknya seseorang itu harus memiliki kelihayan dalam bidangnya serta mengeuasai…kalu bentuk penyampaian Da’wah… Mikin bisa seperti yang anda sudah Uraikan dalm posting anda. mas rifan

  28. Manusia adalah ciptaan Allah, Kuasa Allah untuk menjadikan manusia untuk beriman atau tidak. Manusia yang lahir dan menjalani kehidupan di dunia ini dipersilakan untuk memilih jalannya sesuai dengan tingkat keyakinan dan pengetahuan yang dicapainya. Semua itu ada konsekwensinya, jika anda merasa benar dengan keyakinan anda silakan jalankan saja dan tidak perlu menghujat dan menghina keyakinan yang lain. Apa yang anda tanyakan bagi kami (umat muslim) itu adalah RAHASIA ALLAH !, semoga di suatu hari Anda mendapatkan jawaban yang memuaskan dan dapat anda yakini sepenuhnya. Saya memohon kepada Allah untuk bisa membukakan pintu hidayah untuk Anda dan Allah Maha Pengampun.

  29. Assalamualaikum, kita harus bisa sahabat ! [suatu saat...walaupaun sekali dalam hidup] merasakan arti/maksud isi kandungan selama membaca surah Al-Fatihah dengan ikhlas, khusuk, jujur, syukur, penuh kasih sayang seperti kita menyayangi diri kita sendiri di waktu kita menegerjakan shalat pasti suatu saat kita akan mengeluarkan air mata [menangis=di saat shalat]…kita [hamba Allah] seperti merasa keeecciiiiiill sekali tidak ada apa-apanya dihadapan ALLAH…semoga para sahabat bisa…
    saya cinta Al Fatihah = cinta Al Qur’an = cinta agama Islam = cinta diri sendiri = berusaha berperilaku baik….pareng…Wassalamualaikum.

  30. buat rifan asalkan niatnya baik , dgn izin allah akan di balas baik. coba sesekali bertanya pada kholbu, bukan pikiran atau pengetahuan. ad berbagai cara memperpeka ,atau menemuinya. karna hanya yang satu inilah bagian dari kita yang bisa berhubungan langsung denganya, jadi kesanya jangan jadi kaya burung be,ok yang tau ngucap tapi ngk tau arti.

    • Setuju Doel. Kita manusia, bukan burung beo. “beri contoh” dan bukan sekedar “menerima”. Sebesar-besar kemampuan kita, semampu diri kita memberi.

      salam,
      Rifan

  31. Subhanallah .. aku baru tau maknanya seperti ini. Ampuni keacuhanku selama ini Ya Allah .. Tunjukkan kami “Shiraatal Mustaqiim” (Jalan Lurus) Jalan yang penuh nikmat kepada mereka, bukan yang Engkau murkai pada mereka, bukan juga yang sesat. Amin..
    Dan semoga, mas Rifan mendapat balasan dari Allah atas amalannya menyebarkan dakwah ini. Amin

    Wassalamualaikum Wr.Wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s